Indonesia International Fantastic Film Festival (iNAFFF 2009)

Nonton film sambil teriak-teriak, gigit-gigit tangan orang, hingga fangirling, mungkin cuma bisa dilakukan di iNAFFF atau Indonesia International Fantastic Film Festival di Blitz Megaplex. Event yang sebelumnya berjudul ScreamFest ini emang khusus nayangin film-film dengan genre fantastic. Define fantastic, please! Well, khusus di event ini, fantastic berarti film-film horror, thriller, anime, fantasy dan sci-fi yang bisa bikin kita jerit-jerit dan heboh sendiri pas nonton.

Maka, sekali lagi dengan mengandalkan invitation yang dihibahkan kakak ipar gue, gue mendatangi dua event besar di iNAFFF 2009 yakni opening dan closing.

Opening Day (Jumat, 13 November 2009) – Blitz Grand Indonesia
screening film : Rumah Dara / Macabre

Film karya The Mo Brothers ini baru resmi tayang di bioskop Januari 2010. So i was quite excited menjadi salah satu dari beberapa penonton pertama. Ringkas cerita, enam orang kawan bertemu seorang perempuan bernama Maya yang tersesat di Bandung. Mereka akhirnya memutuskan untuk memberi tumpangan pulang buat Maya. Sesampainya di tujuan, mereka dikenalkan kepada Dara, ibunya Maya dan saudara laki-laki Maya yang bernama Adam. Seiring bergulirnya cerita, keramahan keluarga itu hilang dan mereka mulai membantai enam orang ‘tawanan’ tersebut satu per satu.
Gue nggak tahu apakah Indonesia pernah bikin film slasher sebelumnya. Tapi yang jelas, menurut gue Rumah Dara ini salah satu film layak tonton. Film ini menawarkan petualangan baru buat penonton Indonesia. Keseruan menonton bukan dibangun dari penampakan hantu kacangan atau adegan mesum yang lagi marak saat ini, melainkan dari kepanikan dan darah yang berceceran dimana-mana. (fyi menurut gue darah di film ini cukup mantap karena gak berubah jadi pink di kain. Gak seperti film-film Indonesia pada umumnya. Haha.). Apalagi, Rumah Dara ini sebelumnya udah sering jalan-jalan di festival film luar negeri. Shareefa Danish sebagai Dara bahkan diganjar Best Actress di Puchon International Fantastic Film Festival 2009. Sadis.
Gue nonton bareng teteh gue yang awalnya niat banget pengen nonton. Eh pas di dalem auditorium dia malah sibuk nutup kuping nutup mata karena ga tahan liat adegannya. Haha. Selain itu gue juga nonton bareng Nanien dan Rizu. Dynamic Duo yang berhasil memenangkan kontes nonton opening iNAFFF di facebook.

Intermezzo Day (Sabtu, 14 November 2009) – Blitz Grand Indonesia
nonton : Yatterman

Inilah yang gue sebut dengan the real double date. Gue nonton film yang diperanin sama SHO SAKURAI ini bareng Mr. Toraja (yang bersedia setelah melalui beberapa pemaksaan mental dan fisik). Udah gitu gue juga bareng sama anak-anak camen kayak Nanien, Rizu, Dechu, Yuni dan Lescha. Jadi, gue sebelumnya emang udah memperingatkan Mr. Toraja kalo malam itu hati gue akan terbagi antara dia dan Sho. Selain itu gue juga bilangin dia untuk siap-siap denger jeritan cinta-tak-sampai para fangirls yang nonton di auditorium. Karena bener aja, selain gue dan Nanien, penonton yang dateng rata-rata adalah anak-anak forum Arashi di internet. Jadi status laki gue malam itu adalah “intimidated, alienated”.
Overall, filmnya ngawur, tipe live-action dari anime yang agak maksa, dan : MESUM ala Miike Takashi. Bahkan sampai saat ini Nanien masih sakit hati kalo inget adegan Sho menghisap racun kalajengking di paha perempuan lain. Hahaha. FREAK FREAK FREAK. Saat paling seru di acara nonton kali ini adalah ketika film berakhir. Panitia iNAFFF udah siap-siap di deket layar untuk say ‘thanks’ ke penonton yang mau keluar. Tetapi karena isinya kebanyakan fan hardcore, penonton ternyata belum juga turun sampai credit title selesai. Pas credit title, di layar ada cuplikan adegan-adegan film diiringi sama soundtrack ‘Believe’ dari Arashi. Jadilah semua orang nyanyi rame-rame. Lagu diakhiri dengan lirik “This is the movement!”. Dan semua orang secara serentak meneriakkan lirik itu dengan lantang diikuti tepuk tangan meriah. Hahaha. Panitianya pada bengong. Mungkin gak habis pikir film sengawur ini kok pada antusias banget.

Closing Day (Minggu, 22 November 2009) – Blitz Grand Indonesia
screening film : The Fourth Kind

Sama seperti opening day, film yang dibintangi Milla Jovovich ini baru resmi edar di bioskop Desember 2009. Gue nonton film ini bareng Nanien dan setelah itu membajak rumah Donda di cendana. Jujur gue antusias banget pengen nonton setelah melihat review PO iNAFFF, Rusli Edi atau Sly yang bilang kalo dia pertama kali nonton film ini di Cannes dan merinding banget.
Kalo denger tema nya : Alien Abduction, mungkin lo akan langsung bilang. “aahh.. another cheesy movie.”. Tapi ternyata film yang disutradarai sama Olatunde Osunsanmi ini menawarkan taste yang berbeda. Film ini bilang kalo ceritanya diangkat dari actual case studies tentang orang-orang yang hilang di Alaska pada periode waktu tertentu. Menurut gue formatnya unik dan keren karena ada saat-saat film ini menyandingkan rekaman adegan asli (dokumenter) dengan adegan yang sudah diperankan oleh aktris atau aktornya. Yang paling bikin gue salut adalah film ini membangun ketegangan dari suasana, dialog, ekspresi, dan sisipan footage asli khas handycam. Bukan dari penampakan-penampakan murahan.
Tapi, kalo mau nonton film ini, ikutin saran Rusli Edi : Stop cari resensi, review, atau informasi apapun mengenai film ini. Karena kesan yang timbul ketika lo menonton film ini dari nol akan lebih mantap daripada ketika lo udah baca-baca info tentang film ini. Gue udah nyoba dan gue rasa gue ngerti kenapa Sly bilang begitu.

Uooooh. Gue berharap iNAFFF akan ada lagi tahun depan. Dan gue harap Mas gue akan menghibahkan lagi invitation buat opening dan closingnya. Hohoho.
Mau tahu lebih lanjut tentang event seru yang udah lewat ini :p ? kunjungi http://www.inafff.com/2009/index.php

Mayhem. Movie. Mayhem

4 thoughts on “Indonesia International Fantastic Film Festival (iNAFFF 2009)

  1. habis nonton Yatterman…
    *FREAK FREAK FREAK FREAK*

    gila nya, gue MASIH tdk nyangka yg buat ni pelm Tak kasih Mic.
    mamen! pembuat ichi the killer (sadis), crows zero (tolol), bikin film yatta?!
    *FREAK FREAK FREAK FREAK*

  2. wah asik banget nonton dua pelem gratisan.. gara2 review lo gw makin penasaran sama rumah dara. haduh2 masih lama pula..

    gw juga penasaran nih sama paranormal activity. lo udah nonton?

    ngomong2, gara2 kalian, mr.toraja ga trauma sama perempuan kan?? hahahaha..

  3. @dechu
    hahaha. emang otaknya udah geser aja si miike. maaf ya dech lo harus terjeak dalam ke-frik-an para fangirl.

    @dachi
    kita janjian aja nonton PA yuk. kata nesya seru sih.
    lo tuh emang pengen si omo gak lurus lagi ya dach. ckck. haha

  4. and yeah, gw masih sangaaaaat nyeri kalo inget adegan itu (tp pgn ntn lagi kalo ada yg donlot versi bagusnya, kmrn burem sih)
    please please please kalo mas eri dapet gretongan itu prioritaskan gw after omo. mbeehehehe.
    yuuk ntn PA sama2! gw jd ingin meluangkan duid bulanan khusus utk ntn nih. biasanya ntn setaun skali nyehehe.
    YATTA!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s