Butterfly ~

Sebagai respon atas seseorang yang memertanyakan pertolongan gue:
Gue menolong atau membantu orang lain bukan karena gue mengharapkan balasan atau pujian. Bukan juga untuk jaga image “cewek baik” atau karena perasaan ngga enak. Gue mungkin memang mengharapkan pamrih, tapi dalam bentuk lain: Gue harap kalo gue menolong orang yang kesusahan, insya Allah gue dapet pahala. Gue harap kalo gue membantu orang yang butuh bantuan, insya Allah orang lain juga akan bantu gue kalo gue kesusahan. Tapi yang jelas, ketika gue bisa menolong orang lain –sekecil apapun kontribusi gue- ada sensasi menyenangkan di dada. Mungkin mirip sama butterfly di perut lo kalo lo lagi jatuh cinta. Kalaupun terkadang ada situasi dimana gue membantu orang karena ngga enak hati, itu hanya sebagian kecil. Sooner or later nurani gue akan tergerak, menyadari kalo kebaikan yang kita lakukan di dunia ini insya Allah akan satu demi satu menjadi tumpukan batu bata buat bikin rumah di surga. Lagian kalau emang gue beneran lagi ngga bisa atau lagi males bantuin, gue akan menolak permintaan bantuan orang lain kok. Karena gue juga manusia. Ada jenuh dan bosan dan malas dan egois dan kecenderungan mementingkan diri sendiri.

Terlepas dari isu go green atau eco-friendly,gue ingin bumi kita ini diisi oleh kebaikan. Supaya anak cucu gue bisa hidup, bermain dan tumbuh di tempat yang lebih baik dan lebih indah. Buat gue kebaikan itu bisa dimulai dengan membantu orang lain. Mijitin bokap, dengerin curhat nyokap, main sama ponakan, bantuin dosen nyalain laptop, bantuin kerjaan temen, nunjukkin jalan ke orang yang nanya jalan, buang sampah pada tempatnya, ngambilin tas orang yang jatoh, dan sebagainya.

Gue nggak tahu quote canggihnya siapa yang pas untuk topik ini. Tapi yang jelas gue inget satu quote paling top menurut gue pribadi. Di komik Detektif Conan jilid 35, Shinichi sama Ran nolongin penjahat yang hampir jatuh dari atas gedung. Waktu si penjahat itu nanya “Kenapa lo nolongin gue?!!”, Shinichi bilang:

“Gue ngga tau apa alasan manusia untuk saling membunuh. Tapi kalo untuk saling menolong, ngga perlu alasan logis, kan?”
Yes, yes. We don’t need specific reason to help others. Maybe we are just longing for those butterflies in our chest.

7 thoughts on “Butterfly ~

  1. Wah wah wah, kita jodoh nya *ngaku2*
    Pas awal gue baca postingan lo, gue langsung tiba2 keinget kata2 di conan yg “Apa perlu alasan buat menolong orang lain.”
    Eh, ternyata lo jg nulis di bagian akhir postingan.
    Ternyata emg yg plg mempengaruhi idup gue adlh komik!
    Selain ini, gue jg prnh jawab pertanyaan ujian pas SMP dari komik (sejarah something kl ga salah), jd berkat komik gue bisa lulus ke SMA.
    Fu fu fu

  2. setuja sekali saya, nyonya toraja!
    waktu sd gw pernah nolongin temen gw yang pensil apa bolpennya gitu nyebur got, padahal gw temenan baik sama dia, cuma pas gw liat dia mau nangis gara2 itu, reflek gw tolongin, eh trus dia bilang gini: bukannya kita musuhan? kenapa kamu nolongin aku?
    dan jawaban gw cuma: mau nolongin aja supaya kamu ga nangis.
    emang ga boleh banyak pertimbangan ya untuk melaksanakan sebuah kebaikan. hehe

  3. siapa tuh orangnya?? pasti bukan temen yang kenal deket sm lo. menurut gw lo emang terlalu baik sampe2 orang lain suka ga enak sm lo (terlepas dari lo lebih memilih perut daripada temen. wakakakaka).
    jadi, anggap aja itu orang yang nanya sm lo, sirik krn dia mungkin sering itung2an klo melakukan kebaikan buat orang lain.

  4. @dechu
    bahkan gue rasa detektif conan lebih memengaruhi hidup gue daripada textbook kampus. hahaha.

    @lescha
    kalo lo emang pura2 baik kan? padahal lo pengen nyeburin temen lo ke got kan? hehe kidding darla.

    @dachi
    iya ya emang pada ngga tau aja. sebenernya kalo ada penjahat nodong gue : “serahin satu kardus lays rasa nori itu! atau saya cekek temen kamu?” gue akan dengan seneng hati bantuin nyekek.

  5. hahaha… jadi inget waktu banyak orang bilang, “knapa loe mau bantuin fandi jadi CM nya syil?? gw cuma bilang, gw termasuk orang yang dikasih tuhan hati yang ikhlas untuk membantu orang lain..” hahaha… emang iya nya. ga ada alasan logis, dan semoga aja pas kita susah ada yang batuin…okok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s