Earth Calling Nyanya

Wow.
Five Months.
Five Bloody Months.

Lima bulan sudah gue meninggalkan si pendekar poni. Apa kabar tante poni, cineponi, kutu buku, poni perkasa?
Lebih penting lagi, apa kabar teman-teman semua di luar sana?
I’ve been missing you guys. A lot.
Cerita pertama -setelah sekian lama- gue dedikasikan kepada program istimewa yang mungkin cuma bakal terjadi sekali seumur hidup gue : K2N UI di Pulau-pulau Terluar dan Perbatasan Indonesia. Sebuah community outreach di daerah-daerah perbatasan negara selama satu bulan (Juli 2010).

Setelah melewati seleksi penulisan esai, wawancara, tes fisik, tes renang, tes anti alkohol dan narkoba, gue dinyatakan sebagai calon peserta K2N yang harus mengikuti kuliah persiapan selama bulan Juni bersama seratusan calon peserta lain dari berbagai fakultas. Pada bulan Juli, kami diberangkatkan dalam tim ke sejumlah titik terluar Indonesia. Alhamdulillah gue dapat tim kecil paling asik paling gaul sedunia. Hahah. Tim R.A Kartini bareng Aden (FIK), Rissa (FIB), Risma (FMIPA) dan Ichsan (FISIP) dengan fokus program Maksimalisasi Kelapa. Kami dipercayakan untuk membina penduduk di Pulau Rote, Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di Desa Nemberala. Desa tempat favorit peselancar sedunia yang ironisnya justru tidak dikenal oleh wisatawan domestik.
(ayo ngaku! baru denger kan?).

Wew. I’m not gonna spend another page on how wonderful the island was, how amazing the trip was, and how thankful i am for this opportunity. Rasanya page Facebook lo semua mungkin udah pernah penuh sama cerita2 anak K2N. So i will sum it up in simple sentences:

Pelajaran XX : MENGAPA K2N SANGAT BERARTI UNTUK ANDA?
(esp. Pulau Rote)
1. Anda dapat pergi ke pulau yang sangat cantik yang namanya mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.
2. Anda dapat mengetahui, berhubungan, berteman dan membantu penduduk di bagian lain Indonesia yang tidak Anda kenal sebelumnya. Membuat Anda meyakini bahwa istilah ‘keluarga’ tidak terbatas pada pertalian darah.
3. Anda dapat bermandi air laut segar dan cahaya matahari setiap hari. Karena salah satu pantai terindah di dunia ada dalam jangkauan langkah Anda.
4. Anda dapat pergi ke Pulau Ndana, pulau terselatan Indonesia, sebagai tamu kehormatan peresmian patung Jenderal Sudirman. Omong-omong, Pulau Ndana tidak bisa dimasuki oleh penduduk sipil dan hanya didiami oleh pasukan TNI penjaga daerah perbatasan. Ehem. *songong.
5. Anda bisa snorkling melihat keindahan bawah laut secara private dan cuma-cuma di pulau terselatan Indonesia.
6. Anda dapat menikmati hiburan di malam hari hanya dengan mendongakkan kepala. Jutaan bintang-bintang dan sejumlah titik planet di langit gelap selalu mengucapkan salam pada Anda. Suatu hal yang tidak dapat dilihat di overly polluted Jakarta.
7. Anda dapat merasakan berada di atas Kapal perang Republik Indonesia (KRI) dan bermain voli, basket, bahkan menari Gaga di atasnya.
8. Anda mendapatkan keluarga baru. Satu bulan bekerja, mandi, tidur, makan, dan bertualang bersama akan membuat Anda merindukan teman-teman tim Anda.
dan,
9. Anda akan semakin yakin bahwa diri Anda sangatlah kecil di mata Tuhan.
Dan kini Pendekar Poni pulang. Berharap semua pengalamannya selama 1 bulan di sana semakin mendewasakan dirinya. Berharap proses menyakiti dan tersakiti yang dialaminya dalam beberapa bulan ini menjadi pelajaran yang berharga. Berharap bisa selalu berguna untuk keluarga, sahabat, dan negaranya (so cliche but she means it). Berharap (dan meyakini) bahwa Tuhan akan selalu menuntunnya.
BAZINGA!!

6 thoughts on “Earth Calling Nyanya

  1. anda membawa oleh-oleh yang luar biasa langka. anuan.
    *bebas interpretasi

    oh iya kulit lo uda memutih ya sejak rote-an ituh. padahal ada kesempatan ditaksir bule.

  2. menarik karena gw suka pantai..
    tp tiba2 ga jadi menarik saat gw teringat klo gw ga bisa berenang.

    aih ngapain jauh2 ke rote ngeliat bintang di langit. itu mah biasa..
    mending di jakarta, kan ada Bukan Bintang Biasa (BBB).

    hahahahaha

  3. @yuni
    6 bulan ke korea juga berharga nyoong. kemaren kan kita hampir bareng tuh k2n. next time beneran bareng yuk yun ikutan apaa gitu.

    @indro
    hahaha. padahal ekspektasi kita udah tinggi yee. dasar mentor gila tuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s