Mari Main ke Polres Brooklyn 99

Bagi saya, salah satu serial komedi terlucu dan tersegar dalam dekade ini adalah Brooklyn Nine-Nine dari FOX. Mau ditonton sampai berulang-ulang pun, B99 selalu bisa membuat saya tertawa dan bahkan, menyentuh hati saya dengan berbagai cara.

B99 kerap mengangkat isu keberagaman dengan jokes cerdas, ringan dan menghibur. Serial ini juga sering mereferensi pop culture lain mulai dari Harry Potter, Taylor Swift, sampai serial favorit saya lainnya yaitu FRIENDS. Yang paling saya suka, meski para polisi ini bertingkah konyol, mereka tetap menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Hubungan romantis maupun platonis di dalamnya pun berjalan dengan natural dan santai, menghapus stereotip ala serial AS yang sering menjual unsur drama berlebihan.

Nah, saya ingin mengajak kamu main ke 99th Police Precint di Brooklyn, New York, dan berkenalan dengan teman-teman saya yang punya pribadi unik.

1. Kapten Raymond Holt

Kapten Holt ini ibarat robot yang ekspresi mukanya begituuuu aja dalam situasi apapun. Kapten Holt merasa musik klasik lebih keren daripada rock dan bisa terharu melihat angka-angka yang terangkai sempurna dalam analisis statistik. Kapten Holt selalu menggunakan kalimat baku daat berbicara. Saking disiplin dan teraturnya, Kapten Holt juga pernah mengukur penggaris besar menggunakan penggaris kecil.

2. Detektif Jake Peralta

Jake itu seperti anak kecil yang terperangkap dalam tubuh orang dewasa. Pria yang sepertinya punya kecenderungan hiperaktif ini hidupnya agak jorok dan menganggap permen fruit rolls up bergizi tinggi layaknya buah sungguhan. Meski hidupnya serba acak-acakan, Jake adalah detektif terbaik B99 karena dibekali kemampuannya memecahkan misteri dengan cepat dan instingnya yang tajam. Jake juga sangat menjunjung tinggi moral dan kehormatan sebagai seorang polisi.

3. Gina Linetti

Meskipun bukan salah satu detektif dan hanya civillian administrator, Gina Linetti paling didengar di 99th Precinct karena sikapnya yang luar biasa pede dan komentar-komentarnya yang tajam tapi benar. Gina merasa sangat berbakat menari dan menyebut dirinya miracle of movement. Gina juga kecanduan bermain ponsel sehingga sering nggak ngeh saat dipanggil. Sedikit banyak, Gina ini mengajak penonton untuk lebih percaya diri (to the point of being annoying) dan nggak mudah terpengaruh komentar negatif orang lain.

4. Detektif Amy Santiago

Dibesarkan di keluarga yang super disiplin, Amy Santiago punya rasa cinta yang berlebihan pada keteraturan. Barang kesukaannya adalah binder dan hobinya menonton film dokumenter tentang font favoritnya, Helvetica. Amy menganggap grammar sebagai hal yang seksi dan selalu gemas kalau ada orang yang melakukan kesalahan dalam tata bahasa. Amy bercita-cita menjadi seorang Kapten suatu hari nanti. Dia juga pernah ikut seminar khusus yang membahas tentang cara berjabat tangan.  

5. Detektif Charles Boyle

Sebagai seorang polisi yang juga food blogger sejati, Charles paling hobi menganalisis makanan secara berlebihan, terutama yang berhubungan dengan kasus kriminal. Charles memakai handuk dengan cara lady style (menutupi dada hingga lutut) dan sering bertingkah drama menghadapi hal-hal kecil. Meskipun begitu, Charles sangat setia kawan dan lebih mementingkan kebahagiaan teman-temannya di atas urusan pribadinya. Charles pernah ilfil pada seorang wanita semata-mata karena dia Vegan.

6. Detektif Rosa Diaz

Rosa selalu memasang ekspresi menakutkan dan segala sesuatu tentang kehidupannya bersifat misterius. Hobinya mengumpulkan senjata api dan senjata tajam mulai dari pistol sampai throwing star ala ninja. Rosa alergi dengan segala bentuk emosi yang biasa ditunjukkan oleh manusia. Meski begitu, diam-diam Rosa suka menonton film romantis dan sangat memerhatikan rekan-rekannya di 99th precinct. 

7. Sersan Terry Jeffords

Terry adalah perwujudan nyata wajah sekuriti hati helokiti. Terlepas dari tubuhnya yang kekar, Terry sangat family man dan mudah terharu. Makanan favoritnya adalah yogurt mangga. Terry punya alter ego yang keluar saat-saat tertentu yaitu Scary Terry yang marah-marah kalau telat ke pasar dan Holiday Terry yang suka bawa manisan buah di tas pinggangnya saat liburan. Sifatnya yang agak halus tidak menghalangi Terry menjadi Sersan yang tegas saat menghadapi kelakuan unik junior-juniornya di kantor. 

Sudah kenalan kan dengan detektif-detektif gila di Polres Brooklyn 99? Saya, seperti fans B99 kebanyakan, jatuh cinta pada semua karakter yang ada dan interaksi yang terjadi di antara mereka.

Jangan ragu untuk eksplor keseharian mereka lebih jauh. Saat ini 4 musim serial B99 sudah bisa ditonton di Netflix. Musim ke-5 akan diperbarui (insya Allah) tahun depan.

Personally, saya sudah nggak sabar lagi nunggu kehadiran mereka. Semoga seperti saya, para polisi ini juga bisa menjadi teman baik yang menceriakan hari-hari kamu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s